Profile Perusahaan
PT A.J.
Central Asia Raya didirikan pada tanggal 30 April 1975
berdasarkan Akta Notaris Ridwan Suselo no. 357, dengan modal Rp
500 juta.
Sejak semula, seluruh pemegang saham, komisaris dan direksi telah
sepakat untuk menjadikan PT A.J. Central Asia Raya sebagai salah satu
perusahaan asuransi jiwa yang telah melalui tiga dekade dan terus berkembang.
Hal ini telah dibuktikan oleh perseroan dengan memiliki kekayaan
lebih dari Rp 3,81 triyun, risk based capital (RBC) 216%,
serta satu-satunya perusahaan asuransi jiwa dan yang pertama
berhasil meraih Platinum Award dari majalah InfoBank atas predikat “sangat
bagus” selama 10 (sepuluh) tahun berturut-turut (1999 s/d 2008).
Persaingan bisnis global menjadikan tantangan bagi Perusahaan
untuk menjadi perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia tidaklah mudah.
Pemerintah semakin serius membenahi institusi keuangan yang
menghimpun dana masyarakat baik perbankan, sekuritas, maupun asuransi (jiwa dan
umum).
Pasar asuransi semakin terbuka, sedangkan masyarakat semakin
kritis dan mengerti akan pentingnya dunia asuransi.
Tahun 2012 UU Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah disahkan, maka
otoritas atau regulator jasa keuangan, khususnya jasa asuransi, pada 01 Januari
2013 akan beralih dari Kementerian Keuangan kepada OJK.
Banyak faktor untuk menjadi
yang terbaik, antara lain:
Dukungan pemegang saham,
Komitmen manajemen,
Kerja keras seluruh staf,
Permodalan,
Sumber daya manusia,
Teknologi informasi,
Pemasaran,
Produk-produk bermutu,
Dan layanan prima bagi nasabah.
Dukungan pemegang saham sangat penting
terutama dari segi permodalan, dan ini dibuktikan bahwa pemegang saham
menyetujui penambahan modal disetor sebesar Rp 100 milyar pada tahun 2008.
Jumlah modal disetor ini telah memenuhi ketentuan Pemerintah dalam
bidang perasuransian sebelum ketentuan itu diterbitkan.
Hal ini sangat penting sekali bahwa perusahaan telah
mengantisipasi perubahan-perubahan regulasi dalam bidang industri asuransi.
Komitmen manajemen (Komisaris
dan Direksi) paling berperan dalam memberikan arah bagi Perusahaan
sehingga dapat berkembang dan bertambah maju untuk menjadi salah satu
perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia.
Kekuatan ekonomi Indonesia menghadapi krisis keuangan yang melanda
Amerika Serikat tahun 2008/2009 dan krisis Eropah yang masih berlanjut sampai
tahun 2012 telah menjadikan manajemen semakin berkomitmen agar perusahaan tetap
bertumbuh dengan baik serta penuh kehati-hatian (prudent), dan salah satu
hasilnya adalah pertumbuhan permodalan/ekuitas selama 3 tahun terakhir.
Kerja keras staf dan agen
pemasaran akan
membuktikan bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.
Kuncinya adalah bersatu padu dalam menghadapi segala permasalahan.
Kreativitas pun bermunculan.
Banyak aktivitas yang tercipta dari kreativitas ketika kerja keras
dan kebersamaan menjadi pegangan.
Sebagai komitmen pelayanan kepada nasabah terdapat 50 kantor
layanan bagi nasabah CAR di seluruh Indonesia,
yakni kantor layanan utama LANCAR (Layanan Nasabah CAR) dan
sub-kantor LANCAR; serta tersebarnya jalur distribusi pemasaran yang luas
seperti Keagenan, Korporasi/Group, Bancassurance, Syariah, Employee Benefit
Program/Managed Care, dan lain sebagainya.
Di samping itu, Perusahaan juga merupakan pendiri Dana Pensiun
Lembaga Keuangan (DPLK) CAR yang memiliki 11.354 peserta dengan aktiva bersih
yang dikelola sejumlah Rp 258 milyar.
Pemegang saham selalu
berkomitmen untuk tetap menjaga permodalan dalam rangka
operasi perusahaan, pengembangan, serta menjaga solvabilitas perusahaan.
Tahun 2012 permodalan/ekuitas Perusahaan lebih dari Rp 1,27
trilyun, dan diharapkan akan terus tumbuh sesuai dengan perkembangan
perusahaan.
Penciptaan sumber daya manusia
profesional dan handal sangat didorong oleh perusahaan.
Perusahaan akan terus mendorong agar karyawan meningkatkan
kemampuan diri sehingga menjadi tenaga profesional dan handal dalam bidang
industri asuransi jiwanya.
Perusahaan menaruh perhatian
besar pada pengembangan teknologi informasi. Perangkat keras dan
lunak akan selalu dievaluasi sesuai perkembangan pengembangan teknologi,
jaringan local area network (LAN), serta pemutakhiran piranti lunak berlisensi
untuk mendukung operasi perusahaan.
Distribusi pemasaran yang
luas merupakan
obsesi pemegang saham dan manajemen untuk terus mengembangkan perusahaan dan
mendekatkan layanan kepada para nasabah.
Perusahaan telah memiliki 84 kantor penjualan didukung 47 kantor
pelayanan nasabah (LANCAR) yang tersebar di kota-kota di 33 propinsi.
Ini belum termasuk dalam kerjasama dengan perbankan maupun dengan
perusahaan penunjang usaha asuransi/broker asuransi.
Produk-produk inovatif dan
menguntungkan bagi nasabah terus diluncurkan mulai dari produk asuransi jiwa individu
(perorangan),
antara lain:
Asuransi seumur hidup,
Asuransi kesehatan individu,
Asuransi penyakit kritis,
Asuransi kecelakaan diri,
Unit link,
maupun asuransi kumpulan seperti
Asuransi kredit pemilikan rumah,
Asuransi kesehatan untuk karyawan perusahaan bahkan pengelolaan
dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) CAR.
Tahun 2012, perusahaan meluncurkan produk asuansi kesehatan perorangan
- Prevensia Premier.
Dan inovasi ini akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang.
Laporan Manajemen
Seperti tahun-tahun yang telah dilalui oleh Perusahaan, tahun 2012 adalah tahun tantangan dengan krisi keuangan yang terjadi Uni Eropa.
Seperti tahun-tahun yang telah dilalui oleh Perusahaan, tahun 2012 adalah tahun tantangan dengan krisi keuangan yang terjadi Uni Eropa.
Meskipun demikian perekonomian Indonesia tetap berkembang dengan
penaikan sebesar 6,23%.
Penaikan ini diakibatkan oleh peningkatan konsumsi dan investasi.
Konsumsi domestik menyumbang separo dari perekonomian dan
Indonesia menjadi salah satu negara untuk tujuan investasi luar negeri.
Tingkat inflasi Indonesia selama tahun 2012 meningkat menjadi
4,3%, namun industry asuransi jiwa tetap bertumbuh walaupun hanya mencapai 7%.
Perseroan membukukan pendapatan premi sebesar Rp 648 milyar.
Ini merupakan kontribusi bisnis asuransi jiwa individu
konvensional,
asuranis individu unitlink,
asuransi jiwa kumpulan,
asuransi kesehatan kumpulan termasuk yang dikelola oleh Employee
Benefit Program/managed care,
serta unit usaha syariah.
Total kekayaan perseroan mencapai Rp 3,81
trilyun,
meningkat sebesar 14% bila dibandingkan tahun 2011,
yang terbagi atas earning assets sebesar Rp 3,69 trilyun (96% dari total kekayaan).
Komposisi earning assets terhadap total kekayaan selalu
dipertahankan dari waktu ke waktu dengan kisaran sebesar 95%.
Total pendapatan investasi mencapai Rp 283 milyar atau rata-rata
mencapai 8,40% dari total dana investasi yang dikelola,
hal ini jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata
pendapatan depositio perbankan nasional yang hanya mencapai 5,75%.
Tingkat solvabilitas (RBC) selalu dijaga agar dalam Batas aman dan
seimbang dengan pertumbuhan perseroan serta permodalan.
Pada akhir tahun 2012, RBC perseroan mencapai 216% hal ini berarti
perseroan dalam kondisi sangat sehat (solven), karena ketetentuan yang dipersyaratkan adalah minimum sebesar 120%.
Pada tahun 2012, Jumlah agen individu lebih dari 1.050 orang yang
didukung oleh 62 cabang pemasaran individu.
Pemasaran korporasi didukung oleh 16 cabang korporasi.
Untuk pelayanan purna jual terdapat 26 kantor cabang utama
pelayanan nasabah (LANCAR) dan 21 sub-cabang.
Unit usaha lain yang dimiliki perusahaan adalah Employee Benefit
Program/Managed Care yang melayani nasabah-nasabah group dengan kategori khusus
untuk program asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan kecelakaan. Kami juga
telah menyediakan dan melakukan kerjasama dengan lebih dari 1.600 provider,
(rumah sakit, klinik, apotik, dan optik).
Perseroan percaya bahwa seluruh
aspek bisnis perlu dikelola agar dapat
tumbuh secara seimbang,
baik segi finansial, layanan nasabah,
sumber daya manusia yang dikelola maupun kepentingan para
stakeholders.
Seperti didiskusikan sebelumnya bahwa sejak 01 Januari 2013,
seluruh pengawasan industri asuransi akan beralih dari Kementerian
Keuangan RI ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Bagi perseroan perubahan ini juga merupakan tantangan tersendiri
untuk menunjukan bahwa di tahun-tahun mendatang,
perseroan akan bekerja lebih baik dan lebih baik lagi.
Kami percaya bahwa seluruh visi, misi dan nilai nilai hakiki
merupakan landasan kokoh untuk menjadi YANG TERBAIK dan Perseroan AKAN MENJADI
KEBANGGAAN seluruh pemangku kepentingan atau bagi mereka yang selalu bersama
CAR.
Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak
terutama kepada seluruh nasabah,
pemegang saham dan seluruh staf perseroan,
bahwa atas kerja sama dan kerja keras selama tahun 2012 maka
perseroan dapat tumbuh menjadi seperti saat ini.
Kami ingin menekankan bahwa keberhasilan perseroan adalah
keberhasilan kita bersama.
Terima kasih.
CAR
akan tetap berperan sesuai dengan prinsip "Melayani dan Melindungi"
INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
SUJONO
KODE AGEN : 1680001 CJW
TLP/WA 0852 4612 5035
E-MAIL: jhonkarya@gmail.com
FB : sujono.latidjan
Bagi yang ingin tau lebih dalam silahkan kunjungi dan baca
berulang2 di web kami ini
WEBSITE RESMI : www.3i-networks.com
WEB PENUNJANG : www.m03isnetwork.blogspot.co.id
BAGI YANG SUDAH MEMAHAMI DAN INGIN
SEGERA BERGABUNG BERSAMA KAMI SILAHKAN ISI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar